Apa itu shortening?

Artikel tentang apa itu shortening. Mungkin untuk para Ibu yang sering berkutat di dapur sudah tidak asing lagi dengan shortening. Tetapi, ternyata diluar sana masih banyak yang belum mengetahui atau bahkan menganggap shortening sama saja dengan mentega yang beredar dipasaran.

Apa itu shortening?

 

Shortening adalah lemak yang umumnya berwarna putih dan sebagian besar terbuat dari lemak nabati, serta tidak mengandung air (100% lemak). Shortening diperoleh dari pencampuran dua atau lebih lemak dengan cara hidrogenasi. Mentega putih atau shortening digunakan dalam bahan pangan, antara lain pada pembuatan kue dan roti yang mengalami proses pemanggangan.

shortening

Secara umum, shortening dibedakan dalam bentuk solid dan liquid. Shortening dalam bentuk liquid belum terlalu familiar dan penggunaannya masih terbatas. Dalam bentuk solid, shortening terdiri dari : white shortening (murni hanya lemak tanpa tambahan emulsifier), baker’s fat (dengan tambahan emulsifier), cake fat (dengan tambahan emulsifier, warna, dan aroma), dan pastry fat (khusus untuk puff pastry).

Produk pangan yang dapat dibuat dengan shortening antara lain : roti tawar, puff pastry, butter cream, wafer, biskuit, pia, cream biskuit, dan cake. Shortening memiliki fungsi yaitu memperbesar volume bahan pangan, menyerap udara, stabilizer, emulsifier, membentuk cream, memperbaiki keeping quality, dan memberikan cita rasa gurih dalam bahan pangan berlemak, dan menghaluskan tekstur kue.

Itulah tadi penjelasan mengenai shortening. Artikel lain yang bagus mengenai shortening bisa teman-teman baca disini.  Sampai jumpa di artikel selanjutnya 🙂

Blog resep makanan – Primera Panko 

You May Also Like

Leave a Reply