Apa Itu (Pelapis) Pre Dust dan Batter?

Pre dust dan batter. mungkin kita masih sering bingung mendengarnya. Atau apa itu pre dust dan batter? Apa perbedaannya? Apa kegunaan dari jenis pelapis tersebut?

Setiap tahap pelapisan berfungsi sebagai media perantara antara bahan makanan dan lapisan berikutnya.Penggunaan tepung panir atau tepung panko dapat dikombinasikan dengan pre dustdan atau lapisan batter.Sistem pelapisan bervariasi tergantung pada bahan makanan serta teknik pelapisan yang diinginkan. Kombinasi tepung pelapis bertujuan untuk menghasilkan rekatan tepung yang lebih baik terhadap bahan makanan.

Perbedaan Pre Dust dan Batter

pre-dust

Pre dust adalah tahapan dasar dalam sistem pelapisan makanan. Karakter kering yang dicerminkan dari penggunaan tepung terigu dan atau pati jagung. Selain itu, pre dust berfungsi sebagai lapisan perantara dan meratakan permukaan bahan makanan, sehingga lapisan batter menjadi lebih merata dan menempel dengan baik, serta menambah berat makanan.

 

batter

Batter adalah tahapan setelah pre dust. Karakter basah yang dicerminkan dari penggunaan air. Campuran bahan-bahan yang tersusun dari tepung terigu, pati jagung, gums (CMC), dan bumbu lainnya. Batter dapat menjadi solusi untuk meminimalisir menurunnya aspek sensori pada produk dengan cara melapisi produk pangan karena lapisan batter dapat mencegah produk mengalami kehilangan air berlebih selama proses penggorengan dan menurunkan penyerapan minyak berlebih ke dalam produk. Selain itu, batter berfungsi memudahkan tepung roti atau breadcrumb menempel pada bahan makanan.

Batter diklasifikasikan ke dalam dua kategori, yaitu batter interface/adhesion dan batter tempura/puff. Batter interface/adhesion digunakan bersama dengan tepung panir (breading), dan digunakan sebagai lapisan pelekat antara permukaan produk danpermukaan tepung roti (breading).Batter interface/adhesion tidak menggunakan bahan kimia pengembang pada formulasinya.Batter tempura/puff mengandung bahan pengembang dalam formulasinya dan digunakan sebagai lapisan luar produk pangan Tepung crispy adalah salah satu contoh dari batter tempura atau puff.

Sebagai penutup, keseragaman batter dan ketebalan serta beberapa karakter kritis lapisan seperti penampakan, warna kerenyahan dan flavor menentukan penerimaan produk akhir.

Itulah tadi perbedaan pre dust dan batter. Sampai jumpa di artikel selanjutnya 🙂

You May Also Like

Leave a Reply