Menggunakan Tepung Panir / Roti (Panko) Untuk Hasil Maksimal

Kita sudah mengetahui apa itu tepung panir / panko, jenis dan kegunaan tepung panir / panko hingga tips memilih tepung panir / panko yang bagus . Sampailah kita di artike seri terakhir dari pengetahuan tepung roti. Bagaimana menggunakan tepung panir / roti (panko) untuk hasil maksimal pada setiap masakan.

Teknik memasak yang baik diperlukan untuk menciptakan sajian masakan yang menggugah selera serta memiliki citarasa yang lezat. Seorang ibu rumah tangga yang kesehariannya tidak lepas dari aktivitas menyajikan menu harian bagi keluarga, keahlian memasak menjadi sangat penting untuk dimiliki. Banyak wanita yang tidak dapat memasak dan mudah menyerah jika hasil masakannya tidak memuaskan. Padahal teknik memasak bukan suatu bakat lahir akan tetapi keahlian yang dapat dimiliki dengan cara terus belajar dan mencoba bereksperiman.

Teknik masak dibutuhkan contohnya pada penggunaan tepung panko. Hasil yang maksimal bisa didapatkan jika kita mengetahui cara yang tepat dalam menggunakan tepung panir atau tepung panko tersebut. Penggunaan tepung panko yang kurang tepat akan membuat masakan menjadi kurang menarik dalam penyajian atau bahkan dapat membuat citarasa masakan menjadi kurang lezat.

Menggunakan Tepung Panir / Roti (Panko) Untuk Hasil Maksimal

menggunakan-tepung-panir

Tepung panir atau panko tidak hanya digunakan sebagai pelapis luar makanan namun juga dapat digunakan sebagai filler yang dicampur ke dalam makanan. Pada prakteknya penggunaan tepung panir atau tepung panko biasanya dapat dikombinasikan dengan lapisan batter dan atau pre dust. Variasi lapisan serta mutu lapisan yang diinginkan bergantung pada bahan baku yang akan diolah. Kombinasi tepung pelapis bertujuan untuk menghasilkan rekatan tepung yang lebih baik terhadap bahan makanan.

Misalnya dalam proses pembuatan nugget. Adonan nugget yang telah dikukus dan langsung digulingkan di atas tepung panko akan menghasilkan nugget yang kerenyahannya kurang merata. Hal ini karena tepung panko yang menempel pada lapisan nugget tidak merata sehingga terdapat banyak rongga di beberapa bagian dan penumpukan tepung panko di bagian yang lain. Akan berbeda halnya jika pelapisan nugget diawali dengan mencelupkan ke dalam lapisan batter sebelum digulingkan di atas tepung panko.

Lapisan batter yang berupa larutan kental dengan komposisi tepung berperisa dapat menambah aroma masakan. Selain itu pelapisan dengan larutan batter dapat memudahkan tepung panir atau tepung panko menempel pada nugget, sehingga tepung panko dapat melapisi seluruh permukaan nugget secara merata. Metode kombinasi pelapisan ini juga dapat menambah berat produk, membuat makanan semakin renyah, meningkatkan mutu aroma dan warna, serta mengurangi kemungkinan hilangnya kelembaban pada saat memasak dan pada saat penyimpanan.

Dengan demikian, makanan yang diolah dengan tepat menggunakan tepung panir atau tepung panko akan menciptakan hasil yang maksimal. Makanan menjadi lebih lezat, menarik untuk disantap dan lebih lama renyah.

Sekarang saatnya membuat masakan lezat dengan tepung roti sebagai bahas pelapis! silahkan baca artikel resep makanan yang memakai tepung roti khusus disediakan untuk Anda. 🙂

You May Also Like

Leave a Reply