Jenis-Jenis Gorengan Paling Terkenal di Indonesia

Kira-kira camilan apa saja yang sangat mudah ditemui di hampir seluruh pelosok di Indonesia? Mungkin gorengan adalah jawabannya. Pedagang gorengan bisa kita temui hampir di setiap tempat, di pinggir jalan, di pasar, di terminal, di stasiun, bahkan di restoran yang ada di mall namun dengan penyajian yang berbeda tentunya. Jenis-jenis gorengan di Indonesia beraneka ragam.

gorengan paling terkenal

Beberapa tempat memiliki jenis gorengan khas dari daerahnya seperti pisang molen yang konon berasal dari Bandung, ote-ote sejenis bakwan berbentuk bulat berasal dari jawa timur, atau tempe mendoan dari jawa tengah. Jenis-jenis gorengan di Indonesia umumnya terbuat dari sayur atau buah dan umbi-umbian.

Pada umumnya bahan utama dalam membuat gorengan adalah tepung. Tepung yang digunakan dapat berupa tepung terigu, tepung tapioka atau aci, tepung beras, atau tepung roti. Penggunaan tepung dalam pembuatan gorengan dapat dikombinasikan seperti pada pembuatan tempe mendoan yang menggunakan tepung terigu yang dicampur dengan tepung beras untuk memberikan tekstur yang lebih renyah. Selain itu kombinasi tepung terigu dan tepung panir dapat kita temui pada pembuatan risoles dan kroket.

Berikut ini adalah jenis-jenis gorengan di Indonesia yang dengan mudah dapat kita temui:

 

1. Tempe goreng

Tempe Goreng
Image by qudapan.blogspot.com

Tempe termasuk salah satu jenis makanan favorit di Indonesia bukan hanya karena harganya yang murah dan rasanya yang enak akan tetapi karena tempe dapat dibuat berbagai varian masakan. Tempe goreng adalah salah satu jenis gorengan di Indonesia yang banyak diminati. Baik tempe yang hanya digoreng dengan bumbu garam saja atau tempe mendoan yang digoreng dengan tepung yang dicampur rempah-rempah.

 

2. Tahu goreng

Tahu Goreng
Image by Vemale.com

Belum lengkap rasanya jika ada tempe tapi tidak ada tahu. Tahu goreng biasanya dijajakan tanpa isi atau dengan isian sayuran. Di beberapa daerah, tahu isi dikenal juga dengan nama yang unik yaitu tahu berontak.

 

3. Pisang goreng

resep pisang kipas tepung roti

Sama seperti tempe, pisang juga termasuk bahan baku yang dapat diolah menjadi banyak varian. Pisang goreng pun cukup banyak variannya di antaranya adalah pisang molen, pisang goreng pasir, dan pisang kipas goreng tepung. Perbedaan dari ketiga jenis pisang goreng tersebut adalah adonan tepung yang digunakan sebagai lapisannya. Pisang molen dan pisang goreng tepung biasa menggunakan tepung terigu sedangkan pisang goreng pasir menggunakan tepung roti untuk lapisannya.

 

4. Risoles goreng

resep risoles sapi tepung roti

Risoles merupakan jenis gorengan yang juga lezat dan banyak varian isi seperti risoles isi bihun, risoles isi sayuran ataupun risoles isi daging sapi cincang. Risoles yang menggunakan tepung panir sebagai lapisannya biasanya lebih tinggi harganya disbanding dengan gorengan biasa karena proses pembuatan risoles tersebut tidak sesederhana membuat gorengan biasa. Selain itu rasanya pun lebih lezat.

 

5. Bakwan goreng

Bakwan Goreng
Image by pbase.com

Bakwan adalah jenis gorengan dengan bahan dasar sayur-sayuran seperti wortel, kol, tauge, dan daun bawang yang diiris tipis dan dicampur dengan tepung terigu, air dan bumbu dapur. Ada juga beberapa varian bakwan yang menambahkan udang ke dalam adonannya sehingga rasanya lebih gurih dan nikmat.

 

Itu tadi Jenis-Jenis Gorengan Paling Terkenal di Indonesia. Ikuti terus artikel yang unik lainnya 🙂

You May Also Like

Leave a Reply