Jenis – Jenis Breader dan Karakteristiknya

Setelah kita sebelumnya membahas apa itu (pelapis) pre dust dan batter. Kali ini kita akan membahas jenis – jenis breader dan karakteristiknya.

Breader adalah tahapan pelapisan yang digunakan setelah penggunaan batter dan dapat juga sebagai bahan pengisi (filler). Breader biasanya didasarkan pada tepung sereal dan sebagian besar dari tepung gandum. Karakter crunchiness dan crispness diharapkan pada produk akhir. Selain itu, breader dapat menambah aroma kelezatan dan tampilan warna produk yang menarik.

Berikut ini adalah jenis-jenis breader dan karakteristiknya:

 

1. Cracker meal

Jenis Breader Crackermeal

Jenis breader ini dihasilkan dengan membuat cracker terlebih dahulu. Seperti pembuatan cracker pada umumnya, proses sheeting menjadi ciri utama. Beberapa cracker meal diproduksi tanpa melewati tahap fermentasi. Karakter breader jenis ini memiliki tekstur kokoh, serta bentuk yang datar/bulat.

 

2. American bread crumb

Jenis Breader American bread crumb

Jenis breader ini sedikit kurang tangguh (rapuh) dibandingkan dengan cracker meal.. Proses baking menggunakan oven. Karakter breader jenis ini memiliki tekstur crispy dan bentuk yang bulat.

 

3. Japanese bread crumb

Jenis Breader Japanese Bread Crumb

Jenis breader ini biasa disebut dengan panko. Proses baking menggunakan microwave atau electrical resistance oven. Karakter breader jenis ini memiliki tekstur crispy dan lembut, serta bentuk memanjang seperti serpihan.

 

4. Extruded bread crumb

Jenis Breader Extruded Bread Crumb

Jenis breader ini membutuhkan proses yang lebih singkat dan tidak membutuhkan ruang yang besar. Proses dilakukan dengan cook-extruder secara continuous dari pencampuran bahan-bahan, hingga terbentuklah crumb hasil produk akhir. Karakter breader jenis ini memiliki tekstur kokoh dan keras, serta bentuk seperti parutan.

Itulah tadi jenis-jenis breader dan karakteristiknya. Ikuti terus artikel lainnya Blog Resep Primera Panko 🙂

You May Also Like

Leave a Reply