4 Tips Memilih Tepung Panir / Roti (Panko) Yang Bagus

Kita sudah membahas apa itu tepur roti (panir) dan jenistepung panir menurut kegunaannya. Sekarang kita bahas bagaimana memilih tepung panir / roti (panko) yang bagus dan berkualitas.

By the way, kompetisi masak di televisi terbukti disukai banyak lapisan masyarakat bahkan kaum pria yang tidak pernah masak sekalipun. Teknik memasak dan hasil karya juru masak yang berkompetisi tersebut menjadi daya tarik yang sayang untuk dilewatkan. Masakan yang terlihat sangat lezat dan menggiurkan yang dibuat oleh para chef pastinya terbuat dari bahan baku pilihan. Para chef tidak sembarangan dalam memilih bahan baku untuk dikombinasikan.

Belajar dari para chef tersebut, maka pemilihan bahan baku yang bagus dan berkualitas menjadi modal awal untuk dapat menghasilkan masakan yang lezat dan menggugah selera. Contohnya saja pada saat kita ingin membuat tempura yang lezat, maka pemilihan tepung panir sebagai bahan pelapis kurang tepat dilakukan. Karena tempura yang dihasilkan tidak akan bertahan lama kerenyahannya jika dilapisi tepung panir. Dengan demikian penggunaan tepung panko lebih tepat dilakukan, karena kita ketahui bahwa tepung panko lebih cocok digunakan untuk menghasilkan tekstur makanan yang lebih renyah dalam waktu yang lebih lama dibandingkan dengan tepung panir. Selain itu kita juga perlu cermat saat membeli tepung panko yang beredar di pasaran.

memilih tepung panir

Berikut 4 tips memilih tepung panir atau tepung panko yang bagus dan berkualitas :

  1. Biasakan untuk memperhatikan expiring date atau tanggal kadaluarsa tepung panir atau tepung panko tersebut. Tanggal kadaluarsa mudah ditemukan jika tepung tersebut berada dalam kemasan. Namun kadang kita tidak teliti pada saat penyimpanan di rumah. Hati-hati, penyimpanan yang terlalu lama dapat melampaui tanggal kadaluarsa tersebut.
  2. Amati kemasan saat pembelian tepung panko atau tepung panir. Pastikan kemasan tepung panko berada dalam kondisi yang tertutup rapat. Cermati jika ada lubang atau kerusakan pada kemasan tepung panko. Karena jika kemasan rusak bisa dipastikan kualitas tepung panir dan tepung panko juga rusak. Kemasan yang rusak membuka jalan bagi organisme seperti kutu atau jamur masuk dan merusak tepung panko.
  3. Jika terbiasa membeli tepung yang sama maka kita dapat dengan mudah membedakan kualitas tepung panir dan tepung panko dengan cepat. Secara visual kita bisa memperhatikan warna tepung berubah atau tidak dari biasanya. Pilih tepung panko yang masih fresh ditandai dengan tekstur tepung yang kering dan tidak menggumpal / alot. Amati juga bau dan rasanya, pastikan tepung panko yang kita beli tidak berbau tengik.
  4. Membeli tepung panko dalam kemasan dan diproduksi oleh perusahaan yang memiliki standar kualitas lebih aman untuk dikonsumsi dibandingkan dengan membeli tepung panko curah atau tanpa kemasan.

Itulah tips memilih tepung panir, memilih tepung panir / roti (panko) yang bagus dan berkualitas. Selanjutnya kita akan membakan cara menggunakan tepung panir / roti (panko) untuk hasil yang maksimal pada tiap masakan.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya 🙂

Blog Resep Primera Panko : Primera Panca Dwima

You May Also Like

2 Comments

Leave a Reply